Lompat ke konten

Pusat Pelatihan dan Sertifikasi Internasional – PT SBKI

Sertifikasi Internasional

Training Business Analyst Jakarta

Training Business Analyst Jakarta untuk Tingkatkan Skill

Training Business Analyst Jakarta Training Business Analyst Jakarta  – Perkembangan teknologi nyatanya memberikan banyak pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang usaha dan bisnis. Hal ini bisa membuka banyak kesempatan karir, termasuk di bidang data yang salah satunya adalah menjadi seorang Business Analyst.

Bahkan, saat ini, Anda bisa lebih mudah menemukan sejumlah kelas ataupun jasa training business analyst di Jakarta. Untuk membantu siapapun yang ingin meningkatkan skill dan pengetahuannya di bidang tersebut guna menunjang karirnya.

Apa Itu Business Analyst?

Sebagian orang mungkin masih cukup awam dengan istilah business analyst karena selama ini yang banyak dijumpai bekerja di bidang data adalah data analyst atau data scientist. Perlu dipahami bahwa pekerjaan di bidang data membutuhkan banyak pengetahuan dasar yang harus dipahami.

Tak heran jika di lapangan sering ditemui praktisi data yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan sejumlah istilah kepada tim bisnis di perusahaan. Demikian juga sebaliknya, tak jarang tim bisnis pun mengalami kesulitan untuk menyampaikan kebutuhannya kepada praktisi data. Inilah mengapa dibutuhkan peran seorang bisnis analis.

Business Analyst ini bisa menjembatani antara tim bisnis dan praktisi data. Ia berperan penting untuk mentranslasikan kebutuhan bisnis menjadi metode ataupun teknologi tertentu yang nantinya akan menjadi proyek praktisi data dan tim IT perusahaan. Saat ini, peran seorang bisnis analis terbilang sangat penting bagi sebuah perusahaan ataupun organisasi. Melihat kedudukannya yang begitu vital di perusahaan,cukup masuk akal ketika banyak orang akhirnya tertarik untuk berkarir di bidang ini.

Bagaimana Menjadi seorang Business Analyst?

Seorang bisnis analis bertugas untuk membantu pemilik bisnis dalam peningkatan proses, layanan, software, hingga produk melalui analisis data. Bisnis analis akan menggunakan data untuk menghadirkan informasi bisnis sekaligus memberikan rekomendasi perubahan dalam bisnis tersebut.

Ini membuat seorang business analyst dianggap sebagai agen perubahan karena kemampuannya untuk menyeimbangkan antara analisis data dan keterampilan interpersonal. Peran bisnis analis mencakup analisis data serta fokus khusus dalam operasional bisnis.

Bila Anda tertarik untuk menjadi seorang business analyst, tentu Anda juga membutuhkan banyak persiapan. Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk menjadi seorang bisnis analis yang handal:

1. Mempelajari Dasar-dasar Analisis Bisnis

Tentunya, langkah pertama ketika ingin menjadi seorang bisnis analis adalah mempelajari hal-hal dasar dalam analisis bisnis, seperti:

  • Mengidentifikasi kebutuhan serta masalah bisnis menjadi sebuah peluang untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis.
  • Menganalisis pasar untuk menemukan peluang yang belum dimanfaatkan sebelumnya.
  • Melakukan pemodelan data.
  • Memahami tentang penganggaran dan perencanaan.
  • Memiliki pengetahuan tentang komunikasi, strategi IT, pengelolaan proses, rantai permintaan, serta hal lainnya.

Untuk mempelajari hal-hal dasar dalam analisis bisnis, Anda bisa sekolah atau kuliah di bidang bisnis, keuangan, atau ekonomi. Selain itu, seorang bisnis analis juga perlu memiliki pemahaman hal-hal dasar analisis data sehingga mengambil kuliah di bidang statistika, ilmu komputer, manajemen informasi, dan bidang lain yang terkait akan dibutuhkan.

2. Meningkatkan Skill

Dengan perannya yang cukup penting dalam sebuah perusahaan, seorang bisnis analis tentu membutuhkan beberapa skill yang harus dikuasai, antara lain:

  • Ketajaman bisnis – seorang bisnis analis perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang keuangan, akuntansi, serta prinsip-prinsip bisnis lainnya.
  • Analisis data – bisnis analis tentu harus memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, melacak, serta menganalisis performa metrik sehingga dibutuhkan. Pemahaman yang baik tentang visualisasi tools dan data analisis.
  • Metodologi analisis bisnis – biasanya skill ini tergantung di industri apa Anda bekerja. Meski demikian, memiliki pemahaman tentang metodologi analisis bisnis seperti agile, six sigma, atau lainnya bisa lebih memudahkan pekerjaan Anda di bidang bisnis analisis.
  • Komunikasi – ini merupakan salah satu skill yang harus dimiliki seorang bisnis analis karena perannya sebagai jembatan perantara antara tim bisnis dan praktisi data sehingga perlu lihai dalam berkomunikasi dengan banyak orang.
  • Keterampilan manajerial – keterampilan ini dibutuhkan untuk menangani berbagai proyek dari awal hingga akhir.

3. Mengikuti Kursus dan Sertifikasi Bisnis Analis

Jika Anda masih seorang pemula tanpa pengalaman sebelumnya sebagai seorang analis bisnis, Anda memerlukan sertifikat resmi yang dapat menunjukkan bahwa Anda benar-benar memiliki pengetahuan memadai untuk mendapatkan posisi pekerjaan sebagai analis bisnis. Hal inilah mengapa Anda membutuhkan kursus ataupun sertifikasi untuk meningkatkan skill sekaligus membuktikan bahwa Anda layak untuk posisi tersebut.

Dimana Mencari Jasa Training Business Analyst Terbaik?

Jangan khawatir, saat ini sudah lebih banyak penyedia jasa training business analyst Jakarta yang tersedia. Bahkan, Anda dapat menemukan kursus gratis yang dapat meningkatkan pengetahuan Anda dan mendapatkan sertifikat gratis yang nantinya diperlukan saat Anda melamar pekerjaan sebagai analis bisnis.

Tentunya, ketika Anda ingin mengambil kelas kursus pelatihan di bidang bisnis analis, pastikan Anda memilih penyedia jasa kursus dan pelatihan terpercaya. Ini akan sangat membantu Anda untuk memperluas skill dan membuat diri Anda lebih kompetitif untuk meraih pekerjaan tersebut.

Menjadi seorang business analyst tentu bukan hal yang mudah karena dibutuhkan skill yang mumpuni. Selain perlu memiliki gelar akademik di bidang yang berkaitan, Anda juga harus banyak belajar tentang programming serta skill teknis sehingga karir sebagai bisnis analis Anda bisa semakin kuat.

Inilah mengapa Anda perlu mengikuti berbagai training business analyst untuk meningkatkan skill Anda. Selain itu, melalui training yang Anda ikuti, Anda juga bisa mendapatkan berbagai pengetahuan dan ilmu baru karena perkembangan jaman juga turut berpengaruh terhadap banyaknya perubahan-perubahan metode dan strategi bisnis ataupun munculnya teknologi-teknologi baru.

Bila Anda membutuhkan jasa training business analyst Jakarta, Anda sebaiknya tak ragu untuk menghubungi team SBKI di 081297131551 / 08118701551 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait training yang Anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *