Lompat ke konten

Pusat Pelatihan dan Sertifikasi Internasional – PT SBKI

Sertifikasi Internasional

Business Analyst Adalah

Business Analyst Adalah Profesi Bergengsi dan Karir Menjanjikan Masa Kini

Business Analyst adalahEvolusi atau perkembangan teknologi besar-besaran di berbagai bidang, mau tak mau turut berpengaruh terhadap dunia bisnis. Salah satu profesi dan peluang karir yang dinilai akan mengalami peningkatan permintaan di beberapa tahun ke depan adalah business analyst.

Tugas seorang business analyst adalah mengevaluasi dan memecahkan tantangan bisnis dengan mengulas dan menganalisis informasi dari sebuah perusahaan ataupun institusi. Anda mungkin penasaran seperti apa pekerjaan seorang bisnis analis, skill apa saja yang dibutuhkan, berapa gajinya, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan business analyst, maka Anda sebaiknya tak melewatkan informasi berikut ini.

Mengenal Apa Itu Business Analyst

Business analyst adalah seseorang yang bertugas untuk membantu sebuah bisnis dalam menganalisis proses, produk, layanan, hingga sistem perusahaan yang nantinya akan ditingkatkan serta membuat keputusan potensial untuk bisnis berdasarkan analisis data. Melalui analisis data tersebut, seorang bisnis analis akan merekomendasikan sistem untuk efisiensi aktivitas operasional perusahaan.

Sederhananya, seorang bisnis analis tersebut berperan sebagai perantara antara tim bisnis dan praktisi data untuk meningkatkan produk maupun layanan yang benar-benar memenuhi kebutuhan pengguna. Tak heran bila dalam pekerjaannya, seorang business analyst akan terlibat dengan pimpinan perusahaan tim IT, serta stakeholder lainnya untuk mengomunikasikan sistem, tujuan bisnis, proses, layanan bisnis, ataupun produk.

Dengan perannya yang cukup vital dalam sebuah perusahaan, tentu gaji yang diterima seorang bisnis analis pun terbilang cukup menjanjikan. Meski demikian, gaji seorang business analyst bisa berbeda-beda, tergantung skill, pengalaman, UMP dan UMK, serta perusahaan tempat ia bekerja. Namun, kisaran gaji bisnis analis berdasar survei tahun 2021 untuk kawasan Jakarta adalah Rp 5.100.000 hingga Rp 17.000.000. Ini besaran gaji yang cukup menggiurkan pastinya.

Tugas dan Tanggung Jawab Business Analyst

Anda jangan hanya tertarik dengan gaji business analyst yang terbilang menjanjikan, tapi pastikan memahami dengan baik apa tugas serta tanggung jawab seorang bisnis analis. Meskipun terlihat mudah, seorang bisnis analis dituntut bisa berpikir seimbang baik dari segi bisnis maupun teknologi. Seorang bisnis analis ini bertanggung jawab untuk menciptakan model-model baru dalam pengembangan teknologi atau bisnis. Pengembangan yang dilakukan pun bisa berbeda-beda baik dalam penciptaan produk baru, perbaikan produk yang sudah ada, ataupun kaitannya dengan peningkatan layanan atau sistem.

Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab seorang business analyst yang perlu Anda ketahui:

1. Membuat Analisis Bisnis

Seorang bisnis analis bertanggung jawab untuk membuat analisis bisnis dari apa yang telah dikerjakan perusahaan. Ia perlu menganalisis nilai sebuah produk yang telah diluncurkan serta menganalisis apakah pengembangan produk bisa memberikan keuntungan atau justru kerugian bagi perusahaan.

2. Membuat Anggaran dan Ekspektasi

Seorang bisnis analis juga bertanggung jawab di bidang anggaran. Ia perlu menilai apakah pengembangan suatu produk nantinya membutuhkan perangkat lunak baru, pegawai tambahan, atau lainnya. selain itu, ia juga perlu menilai apakah anggaran produk tersebut masuk akal atau tidak. Selanjutnya, bila anggaran sudah disiapkan, maka bisnis analis juga perlu membuat ekspektasi dari apa yang telah dianggarkan.

3. Melakukan Monitoring

Tugas lain dari seorang business analyst adalah melakukan pengawasan atau monitoring. Dalam perjalanannya, tak sedikit produk yang dihasilkan perusahaan tidak sesuai dengan ekspektasi sehingga perlu dilakukan perbaikan seperti dengan menambah biaya pemasaran ataupun perbaikan fitur. Dalam hal ini, bisnis analis akan menentukan apakah perbaikan-perbaikan tersebut layak dilakukan atau tidak. Bisnis analis bertanggung jawab terhadap keputusan yang akan diambil perusahaan berdasarkan analisis bisnis dan data.

4. Mengevaluasi Rencana dan Program

Seorang bisnis analis juga bertugas untuk melakukan identifikasi terhadap masalah-masalah yang dihadapi dalam pengembangan suatu produk atau layanan di sebuah perusahaan. Bila ada kekurangan maka ia berperan untuk menyalurkan ide ke tim pengembangan produk untuk melakukan perbaikan. Bisnis analis akan melakukan evaluasi dan reevaluasi terhadap rencana dan program secara terus-menerus demi perbaikan dan pengembangan produk dan layanan.

Kualifikasi dan Latar Belakang untuk Menjadi Business Analyst

Mengingat peran business analyst adalah untuk menjembatani antara tim bisnis dan praktisi data maka tak heran bila sejumlah perusahaan tidak mensyaratkan jurusan tertentu untuk bisa berada di posisi tersebut. Posisi sebagai business analyst memang masih terbilang baru dan belum banyak orang dengan skill seimbang antara bidang bisnis dan teknologi. Meski demikian, beberapa jurusan yang seringkali diprioritaskan untuk mendaftar posisi sebagai bisnis analis antara lain ekonomi, bisnis, keuangan, manajemen, teknik informasi dan teknik industri.

Selain lembaga pendidikan formal, kini juga tersedia lembaga non-profit yang menyediakan kuliah singkat untuk posisi tersebut. Salah satunya adalah The International Institute of Business Analysis (IIBA) yang tersedia dua kelas yaitu sertifikasi profesional dan sertifikasi kompetensi. Dan kini, sejumlah penyedia jasa training pun menyediakan berbagai pelatihan business analyst untuk membantu meningkatkan skill guna menjadi seorang bisnis analis yang handal dan profesional baik secara online maupun offline.

Seiring dengan perkembangan teknologi, bisa dikatakan business analyst adalah salah satu profesi bergengsi dan cukup menjanjikan di masa depan. Anda memiliki peluang besar untuk maju dan bersaing bahkan di level internasional. Tentunya, hal ini juga membutuhkan persiapan yang matang supaya nantinya Anda bisa mendapatkan peluang tersebut demi karir Anda yang lebih gemilang. Salah satunya dengan mengikuti training business analyst dari penyedia jasa pelatihan profesional.

Baca juga : Budject

Bila Anda ingin mengetahui lebih tentang dunia bisnis analis ataupun training apa saja yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang bisnis analis, Anda bisa menghubungi team SBKI dengan nomor kontak 081297131551 / 08118701551.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *