Lompat ke konten

Pusat Pelatihan dan Sertifikasi Internasional – PT SBKI

Sertifikasi Internasional

Business Intelligence Analyst

Tips Menjadi Seorang Business Intelligence Analyst Profesional dan Handal

Business Intelligence AnalystBusiness Intelligence Analyst – Dengan semakin berkembangnya jaman, hal ini tentu berpengaruh besar terhadap perkembangan teknologi yang ada. Perlahan namun pasti, berbagai perubahan pun turut dirasakan di dunia usaha dan bisnis. Industri yang kian kompetitif dan senantiasa berevolusi tentu menuntut perusahaan-perusahaan untuk bisa memanfaatkan setiap asetnya guna bisa selangkah lebih maju dalam persaingan yang ada.

Inilah mengapa berbagai profesi baru pun bermunculan. Salah satunya adalah business intelligence analyst yang memiliki peran cukup vital dalam perusahaan masa kini. Lalu apa sebenarnya profesi tersebut serta bagaimana jenjang karir kedepannya?

Apa Itu Business Intelligence Analyst?

Business intelligence analyst merupakan sebuah profesi atau pekerjaan di mana tugasnya adalah untuk menganalisa data menjadi sebuah insight yang bernilai bisnis dari produk maupun layanan dari sebuah perusahaan. Seorang business intelligence analyst akan menganalisis serta memvisualisasi data menggunakan berbagai metode dan teknologi pemetaan data. Hasil analisis tersebut nantinya akan menjadi salah satu poin penting dalam menentukan keputusan bisnis di perusahaan tersebut.

Peran dan tanggung jawab dari seorang business intelligence analyst dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu:

1. Mengolah Data

Ini merupakan salah satu peran utama dari seorang business intelligence analyst. Ia bertanggung jawab untuk mengolah data yang dimiliki oleh perusahaan dengan mengumpulkan, membersihkan, dan menganalisis data, menuliskan prosedur pengumpulan data, serta memastikan bahwa data yang diterima akan dianalisis secara tepat dan akurat. Data-data tersebut bisa berupa data hasil penjualan, data pendapatan data capaian konten, dan lainnya.

2. Menafsirkan Data

Tanggung jawab lain dari seorang business intelligence analyst adalah menemukan pola di area yang memiliki potensial untuk meningkatkan performa bisnis seperti memonitor pengumpulan data, menganalisis dan menafsirkan trend pasar, serta mengembangkan metodologi guna peningkatan proses analisis data.

3. Membagikan Hasil Penemuan

Peran dan tanggung jawab selanjutnya dari seorang business intelligence analyst adalah membagikan hasil penemuan dari proses pengumpulan dan pengolahan data ke dalam bentuk visual dengan menggunakan grafik serta bagan untuk mempresentasikan insight kepada tim maupun klien, serta melaporkan hasil penemuan data tersebut ke bagian manajemen.

Dengan sejumlah peran dan tanggung jawab yang dimiliki, profesi sebagai business intelligence analyst dinilai sebagai salah satu profesi yang cukup bergengsi. Bahkan, gaji yang diterima seseorang dengan profesi tersebut pun cukup menjanjikan. Kisaran gaji untuk seorang business intelligence analyst di Jakarta adalah Rp 10.000.000 per bulan dan bisa terus meningkat seiring dengan jenjang karir yang lebih tinggi.

Baca juga: Training Business Analyst Jakarta

Namun, tentu saja, ini bisa berbeda-beda tergantung pada industri serta perusahaan tempat bekerja. Perlu diketahui, profesi ini cukup dibutuhkan perusahaan saat ini sehingga bisa menjadi pilihan menarik untuk kemajuan karir Anda.

Tips Menjadi Business Intelligence Analyst

Bila Anda tertarik untuk berprofesi di bidang business intelligence analyst, berikut ini beberapa tips dan trik yang perlu Anda pahami:

1. Memahami tentang Database

Seorang business intelligence analyst perlu memahami tentang database karena pekerjaan Anda nantinya berkaitan dengan data. Pemahaman tentang database tersebut hendaknya juga diimbangi dengan kemampuan untuk menggunakan tools. Kedua kombinasi skill tersebut merupakan salah satu skill yang harus dikuasai oleh seseorang yang ingin menduduki jabatan sebagai business intelligence analyst.

2. Biasa Memvisualisasikan Data

Seorang business intelligence analyst hendaknya juga terbiasa memvisualisasikan data bisnis. Dalam Pekerjaannya, seorang business intelligence analyst ini dituntut untuk menggunakan software seperti Yellowfin BI ataupun Power BI. Software tersebut biasanya digunakan seorang business intelligence analyst dalam memvisualisasikan data bisnis.

3. Memiliki Skill Bahasa Programming

Karena dalam menunaikan tugas dan tanggung jawabnya, seorang business intelligence analyst seringkali berkaitan dengan data maka memiliki skill bahasa programming sangat penting. Belum lagi perusahaan tak jarang meminta seorang business intelligence analyst untuk membuat sebuah sistem aplikasi perangkat lunak yang membantu pengembangan ataupun pengawasan bisnis.

4. Paham tentang Bisnis dan Keuangan

Berbeda dengan seorang data analyst yang memang lebih banyak berkutat dengan data-data dan pemrograman dalam pekerjaannya, seorang business intelligence analyst juga berperan penting dalam pengembangan bisnis dalam sebuah perusahaan. Inilah mengapa seorang business intelligence analyst sangat penting untuk memahami tentang bisnis dan keuangan. Hal ini bertujuan supaya seorang business intelligence analyst bis menganalisis data dengan tepat dan memberikan insight yang bagus untuk pengembangan bisnis tersebut nantinya.

5. Memiliki Skill Komunikasi

Salah satu rutinitas yang dilakukan oleh seorang business intelligence analyst adalah menghadiri pertemuan bersama rekan kerja dan mempresentasikan hasil kerja. Tentu saja, memiliki kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Kemampuan komunikasi ini akan membantu business intelligence analyst dalam mempresentasikan analisis data serta memberikan rekomendasi bisnis yang tepat kepada rekan kerja ataupun pimpinan.

Baca juga: Bisnis Analis adalah 

Profesi business intelligence analyst memiliki peran yang sangat vital dalam sebuah perusahaan. Besarnya peran dan tanggung jawab yang dimiliki, tak heran bila gaji dari profesi tersebut cukup menjanjikan di masa depan. Tentunya, bila Anda tertarik untuk menekuni profesi sebagai business intelligence analyst maka Anda sebaiknya mulai bersiap dari sekarang. Anda bisa mengambil kursus ataupun pelatihan tentang business intelligence analyst untuk mempertajam dan meningkatkan skill sesuai dengan kebutuhan.

Dengan semakin banyaknya penyedia jasa training saat ini, pastikan memilih penyedia jasa training profesional dan handal sehingga pengalaman dan pengetahuan yang Anda peroleh melalui pelatihan tersebut benar-benar bisa menjawab kebutuhan Anda. Tak perlu bingung dan ragu, Anda bisa menghubungi SBKI di nomor 081297131551 / 08118701551 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang training atau kelas yang Anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *